Apa Itu Laravel Framework ? Fitur Dan Keunggulannya Lengkap

Apa itu Laravel Framework ?- Beberapa tahun silam, untuk membuat sebuah aplikasi website kamu harus menguasai bahasa pemrograman native, seperti bahasa pemrograman PHP, Ruby atau Python.

Namun sekarang, kamu bisa membuat aplikasi website tanpa harus menguasai bahasa tersebut, meskipun disarankan terlebih dahulu untuk memiliki pengetahuan fundamental bahasa pemrograman. Yakni menggunakan framework.

Apa Itu Laravel ?
Laravel : Definisi, Sejarah dan Fiturnya

Framework hadir untuk mempermudah pekerjaan mu, selain itu dengan menggunakan framework proyek aplikasi yang kamu kembangkan juga bisa jauh lebih cepat.

Saat ini, sudah banyak framework-framework yang hadir dengan segala fitur yang berlimpah ruah, memanjakan para programmer. Contoh framework untuk mengembangkan aplikasi website ada Django (Berbasis Python), Flask (Berbasis Python) dan Laravel (Berbasis PHP).

Apa Itu Laravel Framework ?

Apa Itu Laravel ?
Laravel : Definisi, Sejarah dan Fiturnya

Laravel adalah framework yang sangat populer pada saat ini. Diciptakan oleh Taylor Otwell pada tahun 2012, ketika itu ia seorang pengguna framework CodeIgniter dan kemudian merasa ada banyak hal yang harus ditingkatkan pada CodeIgniter tersebut, dan mulai lah dia membuat proyek untuk melengkapi kekurangan CodeIgniter, dan menamai proyek itu dengan nama Laravel.

Laravel berdiri di bawah lisensi MIT, yang artinya bebas dikembangkan oleh siapapun atau dalam istilah lebih umum yaitu opensource. Laravel mengadopsi Model View Control (MVC) sebagai mekanisme cara kerja sistemnya. Sebuah mekanisme yang umum diadopsi oleh framework modern.

Setiap sintaks yang ada pada Laravel memiliki arti, sehingga mudah dipahami oleh para penggunanya. Serta, sangat mudah dipelajari juga.

Belajar CodeIgniter : Fitur dan Kelebihannya [Lengkap]

Hal tersebut, membuat Laravel banyak digunakan oleh para programmer, sehingga membentuk komunitas yang besar dan kuat. Di samping itu, Laravel pun menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap juga.

Selain alasan kemudahan, banyaknya komunitas dan dokumentasi yang lengkap. Ada lagi alasan kenapa Laravel sangat diminati, yakni kayanya fitur yang ada di Laravel.

Apa aja sih fitur yang ada di Laravel ?

Laravel : Definisi, Sejarah dan Fiturnya
Laravel : Definisi, Sejarah dan Fiturnya

1. Blade

Blade merupakan template engine yang dimiliki oleh Laravel. Blade ini lah fitur yang akan mengurusi berbagai macam hal yang berhubungan dengan tampilan.

2. Eloquent ORM

laravel adalah salah satu framework yang memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan database. Banyak sekali orang yang jatuh cinta dengan fitur ini. Jadi, kalau kamu gunain Laravel jangan lupa nyoba fitur ini.

3. Artisan

Merupakan fitur Comand Line Interface (CLI) yang dimiliki Laravel. Dengan Artisan ini, kamu bisa dengan mudah menjalankan dan mengkonfigurasi fitur lainnya, seperti Migrasi, Model dsb. Fitur ini sangat membantu mempercepat proses pengembangan website.

4. Email Class

Sesuai namanya, fitur ini mengambil peran untuk mengurusi email. Jika kamu ingin membuat website dengan fitur daftar dan login melalui email. Email Class ini sudah pasti jadi sesuatu hal yang wajib kamu gunakan.

5. Testability

Sebuah aplikasi sebelum dirilis, harus memperhatikan terlebih dahulu aspek apakah aplikasi tersebut sudah bebas dari bug atau belum. Nah, hal ini ada pada tahap Testability. Dengan Laravel, pengguna sudah disediakan fiturnya, tinggal konfigurasi sesuai kebutuhan.

Dan masih banyak lagi fitur Laravel yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Saat ini, Laravel sudah rilis versi ke 7 pada Maret 2020 kemarin. Dengan update itu, Laravel pun menambah fitur-fitur baru, seperti Blade X, Custom Eloquent Casts, Customizable Stubs dan banyak hal lagi. jadi saya rasa laravel adalah framework yang patut anda coba

Laravel Adalah Framework Terbaikmu !

Menurut saya laravel adalah salah satu framework terbaik, tapi itu semua kembali kepada kalian ya, tentu saja kita mempunyai kebutuhan yang berbeda. hanya saja bagi saya sendiri laravel adalah framework yang istimewa dengan fitur – fiturnya yang sangat banyak.

Baca Juga :

Artikel Lainnya

Sekian artikel mengenai Apa Itu Laravel Framework ? Fitur Dan Keunggulannya Lengkap semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman semua. Jika teman-teman memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk berkomentar.

Jangan lupa juga, untuk membagikan artikel ini ke akun sosial mediamu. Akhir kata, terimakasih.