Apa Itu VPN ? Bagaimana Cara Kerja VPN ?

Apa Itu VPN ? Bagaimana Cara Kerja VPN ? – Mungkin kamu pernah disarankan oleh teman mu untuk menggunakan VPN jika ingin membuka website yang diblokir oleh provider internet mu. Misalkan, jika kamu pengguna Telkomsel dan kamu ingin menyaksikan dan menikmati berbagai film di Netflix.

Apa itu vpn
Mengenal VPN dan Memahami Cara Kerjanya

Kamu gak bisa tuh langsung buka gitu aja seperti nonton Youtube. Mengapa? karena akses Netflix ditutup atau diblokir oleh Telkomsel. Solusinya, kamu harus menggunakan VPN.

Mungkin akan banyak pertanyaan yang muncul dipikiran.

Kok bisa sih suatu website yang diblokir dapat terbuka ketika menggunakan VPN?
Apa Itu VPN ? Bagaimana Cara Kerja VPN ?

Nah untuk menjawab seluruh pertanyaan itu, mari kita berusaha Mengenal apa itu VPN dan Memahami Bagaimana Cara Kerja VPN

Apa Itu VPN ?

Virtual Private Network atau sering disingkat menjadi VPN, merupakan sebuah mekanisme dalam jaringan, yang memiliki cara kerja memberikan koneksi private yang aman bagi para penggunanya.

Bagaimana Cara kerja vpn
Mengenal VPN dan Memahami Cara Kerjanya

Sederhananya, dengan menggunakan koneksi VPN, identitas penggunanya di internet menjadi anonim atau tidak diketahui oleh pengguna internet yang lainnya.

Seperti kita tahu, banyak sekali desas desus, bahwa di Internet itu segala aktivitas penggunanya diawasi dan disadap. Nah, dengan VPN segala hal itu bisa diminimalisir.

Contohnya, jika kamu menggunakan VPN yang servernya berada di Singapura. Maka alamat IP mu akan diketahui dari Singapura, meskipun kamu tinggal di Indonesia dan menggunakan provider asal Indonesia.

Pengguna VPN di Indonesia sendiri menurut survei Henry Kasyfi, Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sekitar 41 persen dari total pengguna Internet yang ada di Indonesia. Dan, ternyata itu merupakan jumlah yang tertinggi di Dunia.

Meski begitu, ternyata menurut survei dari GlobalWebIndex, mayoritas pengguna VPN di Indonesia, menggunakan VPN bukan untuk melindungi data pribadi, tetapi melainkan untuk membuka situs atau website yang diblokir.

Apakah koneksi dengan menggunakan VPN kencang?

Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Tergantung pada spesifikasi server tersebut, bandwith yang disediakan si server dan padatnya lalu lintas data yang ada di jalur koneksi tersebut.

Semakin padat jalur koneksi pada VPN tersebut, maka semakin lambat kecepatannya. Biasanya, hal ini terjadi di server VPN yang gratis. Untuk yang Premium, cukup jarang terjadi.

Hal ini seperti ketika di warnet saja pada 10 tahun lalu, jika salah satu dari pengguna tersebut ada yang mengakses youtube. Maka pengguna lain akan merasa lemot sekali akses internetnya.

Itu dulu, sekarang hal itu sudah tidak jadi masalah di warnet. Karena, masing-masing komputer diberikan bandwith oleh penyedia warnet. Misalkan tiap komputer maksimal koneksinya 2Mbps.

Nah dengan bandwith, udah gak ada nih istilah rebutan kecepatan lagi. Hal seperti ini pun diterapkan oleh banyak penyedia VPN.

Contohnya, bagi pengguna gratisan, hanya diberi jatah koneksi maksimal 1Mbps. Tapi untuk pengguna premium mendapat jatah sebesar 5Mbps.

Nord VPN, Windscribe, Turbo VPN merupakah salah tiga contoh dari penyedia VPN yang banyak digunakan.

Bagaimana Cara kerja vpn ?

Cara kerja vpn itu sederhana. Singkatnya, perangkat harus tersambung atau terkoneksi dengan VPN Server. Nah selanjutnya, kamu bisa memulai aktivitas di internet dengan nyaman.

Uniknya, provider internet kamu tidak dapat mendeteksi kamu sedang membuka situs atau website apa. Hal inilah yang menjadi jawaban, kenapa kamu bisa membuka website dan situs yang diblokir dengan VPN.

Artikel Lain :

Penutupan

Sampai sini, kamu sudah dapat Mengenal apa itu VPN dan Memahami Bagaimana Cara kerja vpn. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar. Dan jangan ragu untuk membagikan artikel ini di sosial mediamu. Artikel Lainnya