Aplikasi Yang Digunakan Kerja Remot [Wajib]

Aplikasi yang digunakan kerja remot
Aplikasi yang digunakan kerja remot

Aplikasi yang digunakan kerja remot – Menyambung artikel sebelumnya, mengenai 5 Tempat Kerja Favorit Para pekerja remote. Saat ini kita akan mencoba mengenal aplikasi apa saja sih yang wajib digunakan para pekerja remote untuk membantunya dalam bekerja.

Apa Itu Pekerja Remote

Pekerja Remote merupakan pelaku yang bekerja dengan cara remote, artinya si pekerja tak perlu datang ke kantor tiap hari. Pekerja remote dapat bekerja di berbagai tempat, seperti rumah atau kafe.

Baca lebih lengkapnya disini Mengenal Remote Working, Tren Kerja Era Digital.

Sama-sama kita ketahui, bahwa bekerja secara remote itu memiliki beberapa kendala seperti kesulitan, diantaranya dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, manajemen proyek dan lain-lain. Maka dari itu, ada beberapa aplikasi yang dibuat untuk membantu para pekerja remote, guna meminimalisir atau bahkan menyelesaikan kendala-kendala tersebut.

Apa sajakah aplikasi yang wajib digunakan oleh para pekerja remote?

Mari simak..

Aplikasi yang digunakan kerja remot

1. Aplikasi yang digunakan Remote Working : Team Chatting

Aplikasi yang digunakan remote working yang pertama dalah team chatting. Telah diketahui dan dipahami bersama, kunci utama dari bekerja remote adalah komunikasi. Jika komunikasi dalam sebuah tim itu bermasalah, maka kemungkinan terjadinya miskomunikasi meningkat.

Selanjutnya, membuat tidak terciptanya kolaborasi tim yang baik. Dampaknya, maka tidak akan ada produk yang dihasilkan.

Maka dari itu, diperlukan aplikasi chatting yang bisa meminimalisir kemungkinan masalah tersebut. Berikut, aplikasi chatting yang biasa digunakan oleh para pekerja remote untuk berkomunikasi dalam tim.

  • Slack
  • Mattermost
  • Telegram

Sebenarnya, selain ketiga aplikasi ini. Ada aplikasi-aplikasi yang lain. Namun, umumnya ketiga aplikasi ini lah yang sering digunakan.

2. Team Meeting

Aplikasi yang digunakan kerja remot berikutnya adalah team meering. Meeting, merupakan hal yang lumrah terjadi dalam dunia kerja. Meeting sendiri memiliki beberapa fungsi. Umumnya, agenda meeting ini membicarakan mengenai perencanaan, perevisian, pengembangan dan penyelesaian suatu produk.

Meeting pun berlaku dalam dunia kerja remote. Jadwalnya sendiri beda-beda, tergantung “kemauan” dan aturan perusahaan.

Nah, berikut aplikasi yang umumnya digunakan para pekerja remote untuk meeting dalam sebuah tim.

  • Skype
  • Zoom
  • Google Hangout

Sama seperti aplikasi chatting, aplikasi meeting ini juga masih banyak sekali. Tetapi, ketiga aplikasi inilah yang lebih banyak digunakan oleh para pekerja remote.

3. Project Management

Aplikasi yang digunakan remote working ketiga adalah project management. Manajemen proyek yang lancar dan baik, merupakan salah satu parameter untuk melihat sebuah tim atau perusahaan itu sehat atau tidak. Dalam dunia kerja pada umumnya saja, manajemen proyek itu fungsinya sangat vital. Apalagi dalam kerja remote, yang bertatap muka pun tidak.

banyak perusahaan yang mengembangkan aplikasi guna menjawab hal tersebut. Dan, berikut beberapa aplikasi yang umumnya digunakan pekerja remote dalam hal manajemen proyek.

  • Trello
  • JIRA
  • Asana

4. Aplikasi yang digunakan kerja remot : Cloud Collaboration

Aplikasi yang digunakan kerja remot terakhir yaitu Cloud Collaboration, Kolaborasi merupakan sebuah bentuk kerjasama, yang terjalin antar anggota dalam sebuah tim atau perusahaan. Jika bekerja disebuah perusahaan secara onsite—langsung di kantor—, mungkin bentuk kolaborasi itu terjalin dari jaringan komunikasi pada setiap momentumnya.

Jika pun diharuskan berbagai berkas. Cara tradisional seperti colok flashdisk atau transfer data melalui kabel utp lah yang akan dilakukan.

Nah, bagaimana jika bekerja secara remote? kan ga mungkin harus rajin kirim mengirim flashdisk melalui ekspedisi pengiriman ketika ada berkas penting yang harus didistribusikan. Lantas bagaimana caranya?

Jawabannya ada pada aplikasi dibawah ini. Dengan aplikasi dibawah ini, memungkinkan setiap orang, tak hanya pekerja remote. Untuk dapat mengirim berkas atau lebih tepatnya untuk berkolaborasi dengan lebih mudah.

  • Google Drive
  • Dropbox

Kesimpulan

Sekian artikel mengenai Aplikasi yang digunakan kerja remot, sebenarnya masih banyak aplikasi lainnya yang tidak bisa disebutkan. Misalkan, jika seorang pekerja remote bekerja sebagai Software Engineer.

Maka akan ada tambahan aplikasi version control seperti, Gitlab atau Github. Semuanya kembali lagi tergantung posisi kerja dan perusahaan tempat bekerja.

Terakhir, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat. Tolong dibagikan ke akun sosial media kamu. Jika ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan untuk berkomentar.