5 Bahasa Pemrograman 2020 Yang ‘Hot’ Untuk Dipelajari

Bahasa Pemrograman 2020
Bahasa Pemrograman 2020

Bahasa Pemrograman 2020 – Bahasa Pemrograman merupakan sebuah istilah yang sudah gak asing lagi di telinga kita. Bahasa Pemrograman merupakan sebuah kumpulan baris instruksi untuk memberikan instruksi/perintah kepada komputer.

Dalam pengertian lain, biasanya dikatakan bahwa Bahasa Pemrograman merupakan bahasa untuk membuat sebuah Program. Dimana orang yang membuatnya dipanggil dengan nama Programmer.

Apakah Bahasa Pemrograman Hanya Untuk Anak IT?

Satu hal yang harus diketahui bersama, ternyata di tahun 2020 ini Bahasa Pemrograman tidak hanya dipelajari dan dikuasai oleh anak-anak jurusan komputer atau IT loh!.

Beberapa bulan lalu, saya diminta oleh orang yang kuliah di jurusan Statistika untuk mengajarinya Bahasa Pemrograman Python. Awalnya saya keheranan kan bukan anak IT tapi kok minta diajarin Bahasa Pemrograman, tetapi dia menjelaskan bahwa dalam jurusannya ada mata kuliah Bahasa Pemrograman.

Jadi, Bahasa Pemrograman itu penting dipelajari tidak cuma oleh anak-anak IT, tetapi oleh siapapun yang hidup di zaman yang serba teknologi ini.

Tetapi, sebagai informasi saja bahwa jumlah Bahasa Pemrograman hingga 2020 itu sangat banyak sekali. Mungkin ratusan atau bahkan ribuan Terkadang hal ini membuat orang awam yang ingin mulai belajar bahasa pemrograman bingung ingin mulai darimana.

Nah, maka dari itu saya mencoba menulis 5 Bahasa Pemrograman 2020 Yang ‘Hot’ Untuk Dipelajari. Data ini saya ambil berdasarkan survei dan riset yang dilakukan Tiobe, sebuah lembaga yang rutin membuat Index Bahasa Pemrograman terpopuler di seluruh dunia.

5 Bahasa Pemrograman 2020 Yang ‘Hot’ Untuk Dipelajari

1. Bahasa Pemrograman Java

Java merupakan salah satu bahasa yang sudah cukup tua. Semua Programmer pasti kenal dengan bahasa Java ini. Java terlihat mulai kembali populer pada tahun 2015. Hal ini dikarenakan faktor Android yang banyak digandrungi berbagai kalangan. Java sering digunakan untuk membuat berbagai aplikasi Android.

Selain itu, beberapa universitas menggunakan Bahasa Pemrograman Java sebagai bahasa pengantar untuk para mahasiswa baru pada jurusan IT. Jadi, gak ada salahnya kamu untuk mencoba Bahasa Pemrograman ini.

2. Bahasa Pemrograman C

Bahasa C, sering disebut sebagai bahasa tertua pada saat ini, bahasa ini dikembangkan tahun 70-an. C pun sering disebut sebagai bapak atau induk dari Bahasa Pemrograman modern yang ada pada saat ini. Baik itu bahasa C++, C#, Java dan lain-lain semuanya bermuara pada Bahasa Pemrograman C.

Bahasa C meskipun sudah berumur, tapi masih sangat banyak digunakan untuk mengembangkan kernel pada sebuah sistem operasi, Robotik dan juga digunakan dalam pengembangan Internet of Things (IoT) yang sedang ‘hot‘ pada beberapa tahun terakhir ini.

Cukup banyak ditemui, Bahasa Pemrograman C ini menjadi bahasa pengantar baik di tingkat Universitas yang berjurusan IT atau bahkan di tingkat SMK yang berjurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Bahasa C ini hanya mendukung paradigma Bahasa Pemrograman prosedural, hal ini tentu memakan waktu yang cukup lama ketika ingin mengembangkan sebuah aplikasi/sistem yang kaya akan fitur.

Tertarik untuk mempelajari Bahasa Pemrograman kolot ini?

3. Bahasa Pemrograman 2020 Python

Sampai 2020 ini Python merupakan Bahasa Pemrograman yang cukup mudah dipelajari. Hal ini dikarenakan, instruksi yang dituliskan itu sangat mirip dengan bahasa Inggris sehari-hari. Sehingga cocok untuk orang yang baru ingin melangkahkan kaki dalam dunia Bahasa Pemrograman.

Python sendiri dikenal sebagai bahasa yang banyak kegunaannya, dia banyak digunakan dalam hal-hal yang berhubungan dengan saintifik seperti Big Data, Machine Learning dan Artificial Intelligence.

Selain itu, Python sendiri cukup populer digunakan untuk membuat website melalui beberapa framework nya yang terkenal, seperti Django, Flask dan Bottle.

Apakah kamu tertarik mencoba menjinakan Python?

4. Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ ini sering dikatakan sebagai evolusi dari Bahasa C, hal itu terlihat dari tanda plus plus (++) yang tertulis pada namanya. C++ hadir dengan membawa berbagai pembaharuan yang tidak dimiliki bahasa pemrograman C, misalkan seperti Object Oriented Programming (OOP).

Fitur OOP inilah, yang menjadi warna baru dalam dunia Programming hingga saat ini. Singkatnya, OOP ini memungkinkan dalam kegiatan pengembangan sebuah aplikasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat pembuatannya.

Dengan Bahasa Pemrograman C++ ini kamu akan merasakan perpaduan antara paradigma pemrograman prosedural yang merupakan warisan dari orang tuanya—Bahasa Pemrograman C— serta pemrograman OOP yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Biasanya, di ranah pendidikan formal. Setelah selesai mempelajari bahasa C, akan dilanjutkan mempelajari bahasa C++. Mereka berdua memang tidak bisa dipisahkan.

5. Bahasa Pemrograman 2020 yang Terakhir C#

C# biasa disebut C Sharp, bahasa ini merupakan bahasa yang populer pada kalangan pembuat aplikasi mobile, baik Android maupun Ios.

C# ini sudah termasuk bahasa pemrograman yang modern. Bahasa ini dikembangkan oleh Microsoft dari bahasa C++, namun dengan dipengaruhi oleh beberapa bahasa pemrograman yang lain juga seperti Java, Delphi dan sebagainya.

Sebagai bahasa modern, C# ini mengacu pada paradigma Object Oriented Programming (OOP) mirip dengan C++. Tetapi C# tidak mengadopsi paradigma prosedural, sebagaimana yang digunakan C++ dan C.

Baca Juga :

Kesimpulan

Jadi, dari 5 Bahasa Pemrograman 2020 Yang ‘Hot’ Untuk Dipelajari diatas. Manakah yang membuat kamu tertarik? Misterkom sendiri menyarankan untuk mencoba Bahasa Pemrograman Python. Karena sejauh Misterkom mempelajari Bahasa Pemrograman, Python merupakan Bahasa Pemrograman yang paling mudah dipahami sintaksis nya, cocok lah buat kita yang awam ini hahaha.

Belajar CodeIgniter : Fitur dan Kelebihannya [Lengkap]

misterkom juga punya artikel lain mengenai bahasa pemrograman yakni 5 Framework Terbaik 2020 untuk Dipelajari

Akhir kata, jika menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk share ke media sosialmu. Tetapi, jika kamu merasa ada yang ingin ditanyakan. Mari diskusi di kolom komentar.