Beli HP Bekas ? Inilah Yang Harus Dicek [Wajib Tahu]

Apa saja yang Yang Harus Dicek Saat Beli HP Bekas ?

Beli HP bekas memang memiliki harga yang jauh lebih murah daripada Beli HP baru. Hal tersebut membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli HP bekas daripada baru.

Namun perlu digaris bawahi bahwa membeli HP bekas memiliki banyak resiko, mulai dari keadaan barang hingga resiko terkena penipuan.

Untuk menghindari tindak penipuan saat ingin membeli HP bekas, kali ini Misterkom akan membagikan apa saja yang Yang Harus Dicek Saat Beli HP Bekas

Yang Harus Dicek Saat Beli HP Bekas

Beli HP Bekas
Beli HP Bekas

1. Yang Harus Dicek Saat Beli HP Bekas yaitu Kondisi Fisik HP

Walaupun ada pepatah yang mengatakan, “jangan melihat buku dari sampulnya” namun tak ada salahnya kita melihat fisik suatu barang sebagai bahan pertimbangan.

Pertama perhatikan kondisi fisik HP yang akan kalian beli. Apakah banyak goresan atau bahkan retak pada casing maupun layarnya. Keadaan fisik tersebut setidaknya bisa memberi kita gambaran bagaimana sang penjual memperlakukan barang tersebut sebelumnya.

2. Saat Beli HP Bekas Pastikan Semua Fitur Berfungsi Dengan Baik

Ini adalah bagian paling penting dalam membeli samrtphone bekas, jangan sampai kalian melewatkannya. Pastikan telah memeriksa semua fitur yang ada pada HP dan dapat berfungsi dengan baik, atau setidaknya sesuai dengan deskripsi penjual. Cek tombol volume, back, option dan power serta  speaker, getar, speaker panggilan, bluetooth, wifi dll. 

Jangan lupa cek juga kondisi layar atau LCD, yang satu ini memang butuh kejelian lebih. Perhatikan ketajaman setiap inchi dari layar tersebut, pastikan tidak ada hal yang ganjil karena LCD merupakan salah satu bagian HP yang cukup mahal jika harus diganti.

Untuk merk Samsung ada trik mudah untuk mengecek semua fitur diatas, silahkan ketik di layar *#0*# maka akan mncul banyak pilihan untuk mengecek fitur smartphone.

3. Periksa Fungsi dan Kelengkapan HP

Meskipun smaertpon bekas, Cek juga semua kelengkapan HP tersebut, apakah sesuai dengan apa yang dikatakan pembeli. Perhatikan juga apa charger dan headset nya asli bawaan pabrik atau bukan. Jikalau memungkinkan pastikan kelengkapan baik charger maupun headset dapat berfungsi dengan semestinya.

4. Lihat dan Perhatikan Spesifikasi HP

Perkembangan dunia smartphone memang sangat cepat jadi pastikan untuk memilih HP yang memiliki spesifikasi cukup mumpuni. Paling tidak pilih HP dengan RAM 2GB dengan OS Jelly Bean atau diatasnya.

Untuk internal sesuaikan dengan kebutuhan, usahakan diatas 4GB, jika kurang masih bisa ditambah dengan sdcard. Bagi yang suka selfie pastikan untuk mencoba kameranya terlebih dahulu agar tidak kecewa dengan hasilnya.

4. Bandingkan Spesifikasi Dengan Harga yang Dipatok Penjual

Jika sudah yakin dengan spesifikasinya, coba bandingkan dengan harga yang dipatok oleh sang penjual. Harga di setiap daerah berbeda-beda jadi saya sendiri tidak bisa memberikan gambaran.

Saya sarankan untuk beli smartphone Bekas dengan harga diatas 1 juta. Selalu update dengan harga HP di pasaran untuk menghindari tindak penipuan.

5. Ketika Beli HP Bekas Lakukan Factory Reset Untuk Memastikan

Nah, ini adalah tips membeli smartphone bekas yang terakhir. Jika deal dan HP sudah menjadi milik kita silahkan lakukan factory reset untuk memformat semua pengaturan kembali ke setelan pabrik. Sebenarnya langkah ini TIDAK WAJIB namun saya menyarankan untuk melakukannya agar jika ada error atau virus di smartphone bekas tersebut bisa hilang.

Nah, sekarang kalian sudah siap dan saya pastikan tidak akan tertipu dalam bertransaksi. Sekian 5 Tips Membeli HP Bekas yang wajib anda ketahui.

Semoga sedikit ilmu diatas dapat membantu kalian dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi misterkom agar mendapat info yang bermanfaat lainnya.

Baca Juga

Trik Menjual Smartphone Bekas Dengan Harga Tinggi