5 Cara Hemat Kuota 4G Agar Tidak Cepat Habis [Ampuh]


Cara ampuh Hemat Kuota 4G Agar Tidak Cepat Habis – Siapa yang tidak menginginkan koneksi internet yang super cepat? Sebagai masyarakat yang sering beraktivitas di dunia maya, tentu kita mendambakan koneksi yang lancar serta cepat. Harapan tersebut sudah terjawab dengan adanya teknologi jaringan 4G yang memiliki kecepatan berkali lipat dibanding jaringan 3G.

Saat ini koneksi berteknologi 4G sedang gencar-gencarnya disebarkan ke seluruh pelosok Indonesia. Untuk mengimbangi hal tersebut, banyak operator seluler yang beramai-ramai menjajakan kuota khusus jaringan 4G. Mereka menawarkan berbagai paket internet dengan iming-iming kuota 4G yang banyak.

Nah masalah utamanya timbul disini, walau kadang kita mempunyai banyak kuota 4G tapi kenapa cepat habis dalam waktu singkat ya? Apakah dicolong tuyul? Banyak pengguna smartphone yang terheran-heran dengan hal ini. Tentu saja hal tersebut akan membuat jengkel jika terjadi pada diri kita.

Mulai sekarang ga usah bingung, Misterkom akan menjawab serta memberikan cara hemat kuota 4G kamu yang cepat habis. Ga sabar mau tau? Ya udah deh langsung saja kita simak tips menghemat kuota 4G pada smarphone.

Hemat Kuota 4G
Hemat Kuota 4G

Cara hemat Kuota 4G Agar Tidak Cepat Habis

Gunakan Fitur Data Saver

Kita pasti sering berselancar di internet menggunakan browser tertentu tanpa memperhatikan penggunaan data nya. Hal ini adalah kesalahan fatal, apalagi jika kita sering mengakses situs berat yang akan memakan kuota milik kita dengan rakusnya.

Para vendor browser sendiri pun sebenarnya telah memberikan cara untuk hemat kuota. Mereka biasanya menyisipkan fitur “data saver” yang berguna untuk mengkompress suatu web yang kita kunjungi agar tidak memakan kuota terlalu banyak. Misal saja fitur data saver Google Chrome dan Opera Mini mampu hemat kuota hingga 50%.

 Matikan Sinkronisasi Otomatis

Hal ini banyak dilupakan oleh para pengguna smartphone, mereka tidak sadar kalau HP mereka kadang tetap mengkonsumsi data walau sedang tidak digunakan. Biasanya hal ini diakibatkan oleh aplikasi yang melakukan sinkronisasi otomatis.

Memang melakukan sinkronisasi itu penting, namun jika terlalu sering akan cepat menghabiskan kuota internet kita. Solusi terbaik adalah dengan mematikan sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang jarang kalian gunakan. supaya lebih menghemat kuota.

Gunakan Data Usage Warning

Karena terlalu sibuk dengan hal lain kadang kita lupa tidak memperhatikan berapa banyak kuota yang telah kita habiskan. Disinilah “data usage warning” berperan, mereka dapat memberikan kita peringatan saat penggunaan data hampir mencapai batasnya. ]

Smartphone dengan OS kitkat biasanya sudah mempunyai fitur ini. Namun jika OS jadul, kalian bisa menggunakan aplikasi Internet Speed Meter yang akan memonitor kecepatan serta penggunaan data internet.

Block Penggunaan Data Untuk Aplikasi Tertentu

Walaupun sebuah aplikasi dapat dijalankan tanpa sambungan internet, bukan berarti mereka tidak bisa mengkonsumsi kuota. Kadang sebuah aplikasi sudah disisipi dengan iklan sehingga jika ada koneksi internet tersambung aplikasi tersebut akan langsung mengkonsumsi data supaya dapat menampilkan iklan di dalamnya. Untuk mengatasinya silahkan cari aplikasi untuk memblock koneksi internet, ia akan membuat beberapa aplikasi menjadi tidak bisa mengambil kuota kalian.

Cara Hemat Kuota 4G dengan menggunakan Wifi

Yang terakhir adalah yang paling jitu dan ampuh, gunakan wifi jika memungkinkan. Sekarang sudah cukup banyak tempat umum yang menyediakan koneksi wifi gratis, oleh karena itu manfaatkanlah. Menggunakan cara tersebut tentu akan membuat kuota kalian menjadi jauh lebih hemat.

Baca Juga

Nah gimana? Ampuh kan tips yang misterkom diatas? Cara paling jitu lainnya untuk menghemat kuota 4G kalian adalah dengan menonaktifkan jaringan internet, hehe… bercanda. Oh ya selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan info menarik lainnya.