Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke Smartphone Lain

Cara Memindahkan akun whatsapp ke smartphone lain ini berguna ketka smartphone kamu dalam masalah seperti rusak, eror, blank dan lain sebagainya. ataupun kamu sudah bosan dengan smartphone kamu kemudian ingin ganti smartphone baru lagi.

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting paling popular dan banyak digunakan di seluruh dunia. Tampilan yang keren serta fitur yang unik membuatnya semakin digandrungi banyak orang. Bahkan saat ini whatsapp sudah memiliki fitur voice dan video call sehingga membuat orang-orang semakin betah menggunakannya.

Bagi beberapa orang data percakapan yang ada di whatsapp sangatlah penting, misalnya percakapan tentang bisnis atau semacamnnya. Namun bagaimana jika suatu ketika tiba-tiba smartphone rusak sehingga tidak bisa mengakses akun whatsapp milik kita? Jangan panik! misterkom punya solusinya!

Tentu saja sebuah smartphone tidak bisa bertahan selamanya dan suatu saat akan rusak karena dimakan usia. Akibatnya kita harus menggantinya dengan yang baru, namun masalah utamanya adalah bagaimana kita memindahkan data penting dari smartphone yang lama ke yang baru. Agar kalian tidak bingung lagi, yuk simak cara memindahkan akun whatsapp dari smartphone satu ke yang lain.

cara memindahkan akun whatsapp ke smartphone lain
cara memindahkan akun whatsapp ke smartphone lain

Cara memindahkan Akun Whatsapp dari Smartphone Satu ke yang Lain

memindahkan akun whatsapp ke smartphone lain
memindahkan akun whatsapp ke smartphone lain

1. Buka pengelola file di smartphone lama kamu, jika sudah benar-benar rusak coba liat ini sdcardnya menggunakan cardreader di laptop atau PC.

2. Cari dan temukan file data dari aplikasi whatsaap tersebut. Biasanya berada di paling luar dengan folder bernama “Whatsapp” (tanpa tanda petik).

3. Jika kalian sudah menemukannya langsung saja buka, kamu akan menemukan beberapa berkas file disana. Saya pikir ada beberapa diantaranya BACKUP, DATABASE dan MEDIA (isi data berbeda setiap perangkatnya).

4. Kirimkan data tersebut ke smartphone baru kalian atau salin ke laptop/PC dan kirim ke smartphone baru kalian.

5. Download dan Install aplikasi WA di smartphone yang baru, kalian bisa mendownloadnya dari playstore atau mencari apk nya di google. Jangan buka aplikasinya terlebih dahulu.

6. Pastikan data yang ada di smartphone lama sudah tersalin dengan baik ke smartphone yang baru, cek terlebih dahulu untuk memastikannya.

7. Jika sudah yakin, silahkan buka aplikasi WA di smartphone baru dan masukan nomor yang kalian pakai di akun WA sebelumnya.

8. Lanjutkan sampai proses verifikasi selesai.

9. Jika sudah, kamu akan mendapati tampilan untuk “merestore” atau mengembalikan data percakapan di WA sebelumnya.

10. Langsung saja tekan “Restore” atau “Mengembalikan” di sana dan silahkan menunggu sambil minum kopi.

11. Dan… Walaa… semua data percakapan kalian akan kembali seperti semula layaknya di smartphone sebelumnya.

Sekarang kalian ga perlu khawatir lagi kehilangan data penting dari akun wa kalian. Saya sarankan selalu mengaktifkan fitur “pencadangan otomatis” untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga. Berikut cara mengaktifkan fitur “pencadangan otomatis” di wa.

Cara Mengaktifkan Fitur “Pencadangan Otomatis” di Whatsapp

1. Buka setelan atau setting di aplikasi WA.

2. Pilih opsi “Chatting” maka akan muncul beberapa opsi.

3. Pilih “Cadangan Chat” dan di sanalah pengaturan berada.

4. Untuk mencadangkan data ke google drive silahkan pilih “Cadangkan”.

5. Untuk mengatur pencadangan otomatis silahkan lihat opsi di bawahnya.

6. Kalian akan melihat beberapa pengaturan, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

7. Jangan lupa buat akun google drive dahulu, cukup punya gmail saja.

Yah, itulah cara memindahkan akun whatsapp dari satu smartphone ke smartphone lain serta cara mengaktifkan fitur pencadangan otomatis pada WA. Semoga artikel diatas bisa membantu kalian yang sedang dalam kesusahan, jangan lupa terus kunjungi misterkom untuk mendapat berbagai update menarik dan pastinya bermanfaat.

Baca Juga