Cara Mengaktifkan NFC di Hp Android

Cara Mengaktifkan NFC di Hp Android
Cara Mengaktifkan NFC di Hp Android

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. NFC memiliki fungsi menyambungkan atau menghubungkan dua perangkat dengan cara mendekatkan perangkat tersebut. Banyak manfaat yang bisa anda rasakan dengan fitur NFC di Android. Salah satunya hp Android akan mudah mentransfer data berupa kontak, gambar, video dengan sesama Android yang memiliki konektivitas NFC.

apa bedanya dengan bluetooth ? dibandingkan dengan bluetooth, transfer dengan NFC akan terbebas dari gangguan dan lebih lancar. dilihat dari cara kerjanya mirip dengan bluetooth.

tak semua Smartphone mempunya fitur NFC. pada umumnya fitur ini terdapat di smartphone kelas menengah keatas. untuk kelas atas saya rasa sudah hampir semua smartphone memliki fiur NFC. sedangkan untuk smartphone kelas menengah ada juga yang sudah mendukung fitur NFC ada juga yang belum.

sebelum anda melanjutkan arikel ini ini sebaiknya pastikan dulu HP anda sudah mendukung fitur NFC. karena yang misterkom bahas kali ini mengenai cara mengaktifkan NFC di HP android (lanjutkan membaca untuk mengetahui apakah smartphone anda dilengkapi fitur NFC).

Cara Mengaktifkan NFC di Hp Android

Adanya smartphone dalam kehidupan sehari-hari membuat manfaatnya langsung bisa dirasakan. Selain digunakan untuk transfer data antar smartphone yang memiliki fitur ini, NFC juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran, memindai saldo kartu e-money, dan masih banyak lagi. Sebelum anda aktifkan NFC di hp Android, sebaiknya lihat dulu apakah smartphone tersebut dilengkapi dengan fitur NFC di dalamnya.

Anda bisa cek bagian belakang hp, biasanya tulisan NFC muncul di bagian penyimpanan baterai. Jika tidak bisa, cek spesifikasi hp tersebut dari situs hp diproduksi. Jika hp Android anda memiliki konektivitas NFC, baru coba lakukan pengaktifan. Cara mengaktifkan NFC itu sendiri ada 2 cara, yaitu:

Pertama Cek di Pengaturan

Anda coba awali dengan cek di pengaturan. Saat akan mengaktifkan NFC di Android, langkah pertama yang dilakukan yaitu masuk bagian settings. Selanjutnya pilih opsi more setting atau pengaturan lainnya. Di bagian ini kemudian pilih NFC biasanya berada di bagian pengaturan jaringan atau network. Jika langkah tersebut sudah dilakukan, tinggal pilih opsi berbagi dan hubungkan atau share and connect. Anda tinggal geser tombol on agar NFC aktif di Android.

Cara Kedua Pada Shortcut

Selain pada pengaturan cara kedua yaitu aktifkan NFC pada Shortcut. Langsung aktifkan NFC pada shortcut yang terletak di bagian atas satu posisi dengan pengaturan untuk menyalakan konektivitas lainnya. Seperti mobile data, wifi, bluetooth, dan yang lainnya. Lakukan swipe ke bawah, anda akan menemukan menu NFC.

Banyak tersedia fitur di Android yang bermanfaat, salah satunya fitur NFC. Gunakan langkah yang tepat, maka NFC bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sekian itulah tadi cara mengaktifkan NFC di Smartphone¬† nndroid. bagi yang belum faham mengenai NFC bisa ditanyakan langsung di kolom komentar. semoga bermanfaat…