Cara Mengatasi Laptop Lemot [100% Ampuh]

Dalam artikel kali ini misterkom akan berbagi mengenai cara mengatasi laptop lemot yang paling ampuh. Bagaimana rasanya jika laptop anda lemot, pasti sangat menjengkelkan disamping itu akan memperlambat pekerjaan kita.

Seperti biasanya misterkom yang selalu menghadirkan artikel yang sangat berguna untuk anda, jadi langsung saja kita simak beberapa cara paling ampuh mengatasi laptop lemot berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Antivirus yang Handal

Virus merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan laptop anda lemot, tidak hanya lemot tetapi virus juga sangat berbahaya bagi laptop anda dan file – file yang ada didalamnya.

Virus masuk kedalam laptop anda biasanya lewat flashdisk yang terdeteksi virus dan juga biasanya dari internet, jangan sering mendownload file sembarangan atau yang illegal.

Jadi untuk keamanan gunakanlah ativirus yang handal seperti AVG, Kaspersky, Windows Derfender. Dan jangan lupa untuk Selalu lakukan update program antivirus karena ini sangat penting. Jika virus sudah level tinggi atau sudah sangat parah lakukanlah install ulang windows.

Jika laptop anda masih baru atau sudah diinstal ulang windowsnya artinya masih belum terdapat virusnya maka usaha kita adalah untuk mencegahnya dengan cara mengupdate secara berkala (database) antivirus anda.J

angan colokkan flashdisk sembarangan yang terdapat virus, jangan sembarangan mendownload file dari internet yang illegal atau berbahaya.

Menambahkan Kapasitas RAM

RAM merupakan memori penyimpanan untuk menjalankan suatu program, kasus ini tergantung pada penggunaan besarnya program yang terinstal dalam PC anda dan minimnya RAM yang terpasang dalam laptop kita.

Semakin besar program yang terinstal pada laptop kita akan membuat kapasitas Ram menjadi menipis, dan semakin menipisnya kapasitas RAM yang tersedia itulah yang akan membuat PC anda lemot.

Cara mengatasinya adalah dengan menambah atau mengganti RAM yang labih besar tergantung kebutuhannya, harga RAM juga bervariasi tergantung ukurannya.

Uninstal / Hapus Program yang berat tau tidak penting

Jika menurut anda menambahkan kapasitas RAM anda menguras dompet karena harus membeli RAM, maka solusi lainnya adalah menghapus program yang tidak penting atau yang ukurannya besar.

Seperti yang sudah saya katakan tadi semakin besar program yang terinstal akan membuat menipisnya kepasitas RAM yang tersedia dan akan membuat PC anda lemot.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pembersihan program – program anda yang tidak terlalu penting, hal ini akan membuat kapasitas RAM anda akan menjadi lebih longgar sehingga PC anda tidak merasa terbebani.

Jangan membuka Program terlalu Banyak secara Bersamaan

Kasus ini berlaku bagi laptop yang memiliki spesifikasi rendah dan tidak terlalu menjadi masalah terhadap PC yang memiliki spesifikasi yang tinggi. Membuka propgram terlalu banyak secara bersamaan akan membuat PC anda lambat karena akan membuat kerja seperti processor dan RAM menjdi berat.

Cara mengatasinya adalah dengan membuka program yang tidak terlalu banya dan menutup program yang sudah tidak diperlukan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Instal ulang system operasi

Cara mengatasi laptop yang lemot yang paling ampuh adalah dengan menginstal ulang system operasi windows, sebelum melakukan cara ini sangat diharuskan anda untuk membackup data – data anda yang ada didalamnya.

Karena dalam proses ini seluruh file ataupun program di PC yang berada pada local disk C akan terhapus, karena pada umumnya install ulang system operasi akan menghapus file yang ada di local disk c, maka backup terlebih dahulu filenya di local disk D atau yang lain, untuk berjaga – jaga backup juga di hardisk eksternal.

Itulah tadi cara mengatasi laptop lemot yang terjamin paling ampuh, PC anda lemot mungkin PC anda sudah cukup tua dan beberapa hardwerenya sudah tidak bekerja secara maksimal lagi,

jadi kalau memang sudah cukup tua lebih baik belih yang baru saja dengan syarat punya uang ya…, bagi yang belum faham silahkan bertanya dikolom komentar, sekian disini dulu nantikan terus artikel artikel menarik lainnya yang akan selalu update

Baca Juga