Cara Mudah Menggunakan Kamera Smarthphone/HP Menjadi Webcam Laptop

Cara Mudah Menggunakan Kamera – Saat ini wabah COVID-19 di Indonesia masih berlangsung. Begitu pula dengan PSBB (pembatasan sosial berskala besar), termasuk bekerja dari rumah (WFH — work from home). Rencana untuk kembali “normal” memang sudah dikemukakan, tetapi bekerja dari rumah tetap menjadi solusi yang dianjurkan pemerintah. Sejumlah universitas dan sekolah pun masih mewajibkan proses belajar mengajar secara online.

Setiap interaksi tatap muka digantikan oleh aplikasi panggilan video, seperti Zoom dan Meet. Salah satu alat pendukung Anda adalah webcam. Pasalnya, webcam digunakan saat rapat daring. Meskipun sekarang banyak yang sudah menggunakan laptop tidak menutup kemungkinan kadang webcam tidak secerah seperti kamera biasanya karena ada kualitas tersendiri.

Namun, kali ini misterkom membahas bagaimana jika webcam PC-mu rusak atau tidak berfungsi dengan baik? Mungkin kualitasnya tidak bagus atau bahkan kamu menggunakan PC yang tidak dilengkapi webcam?

Untuk mengatasi masalah ini, Anda sebenarnya bisa menggunakan kamera smartphone sebagai pengganti webcam. Terdapat beberapa aplikasi yang misterkom bahas agar bisa digunakan untuk memanfaatkan kamera smartphone Android sebagai kamera atau webcam PC. Salah satunya adalah DroidCam. Cara tersebut juga berlaku untuk laptop Windows bila kualitas webcam-nya Anda nilai kurang optimal. Langsung saja simak penjelasannya.

Droidcam adalah alat untuk Android dan PC yang akan memungkinkan Anda untuk menggunakan ponsel Anda sebagai webcam PC. Aplikasi ini, dengan konfigurasi yang rumit, menunjukkan dengan sempurna pada PC Anda gambar yang diambil oleh kamera ponsel . Versi gratis DroidCam memungkinkan Anda mengakses fungsi dasar, meskipun Anda tidak dapat meningkatkan resolusi gambar.

Cara menginstal dan mengkonfigurasi DroidCam di ponsel dan PC Anda untuk Webcam

Untuk menggunakan DroidCam, perlu menginstal Aplikasi Android dan klien PC. Pengguna Android dan iPhone, ada aplikasi bernama DroidCam yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini menyajikan cara mudah mengubah ponsel menjadi webcam untuk PC Windows. Begini caranya.

  1. Unduh aplikasi DroidCam dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Unduh DroidCam Client di PC Windows-mu atau melalui link https://www.dev47apps.com/droidcam/windows/ dan ikuti langkah instalasinya.
  3. Buka aplikasi DroidCam di ponsel dan PC-mu. Lalu, sambungkan kedua perangkat tersebut ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  4. Di aplikasi DroidCam untuk Android, kamu akan melihat deretan angka pada kolom Wi-Fi IP dan DroidCam Port. Masukkan angka tersebut ke dalam kolom Device IP dan DroidCam Port yang tersedia di DroidCam Client PC. Pastikan bagian Video dan Audio-nya dicentang.
  5. Klik Start. Kamera ponselmu akan aktif dan siap digunakan.
  6. Lalu, buka aplikasi panggilan video pilihanmu di PC.
  7. Pastikan ubah input kamera dan mikrofon di menu pengaturan ke DroidCam dan DroidCam Virtual Audio.
  8. Kamu pun siap melakukan panggilan video dan konferensi video.

Jika Anda ingin menghubungkan webcam ponsel Anda ke PC Anda, Anda dapat memilih antara WIFI, Ethernet atau USB. Opsi USB adalah yang paling dianjurkan, meskipun perlu memberikan izin tertentu ke ponsel. Kami menyarankan Anda untuk membaca panduan resmi atau tutorial ini sebagai panduan untuk pemasangan DroidCam. Oh ya, DroidCam versi gratis pada smartphone Android akan menghadirkan iklan. Versi Pro dari DroidCam, yakni DroidCamX hadir dengan fitur lebih lengkap dan bebas iklan. DroidCamX Wireless Webcam Pro ditawarkan dengan harga Rp50.000.

Anda bisa memilih untuk menggunakan kamera belakang ataupun kamera depan dari smartphone Android. Pemilihan kamera itu bisa dilakukan melalui DroidCam pada smartphone Android dengan mengeklik [Menu — tiga titik di sebelah kanan atas] > Camera. Pada jendela yang muncul Anda bisa memilih kamera yang ingin digunakan. Misalnya pada smartphone Android yang InfoKomputer pakai, bisa mengeklik [Back] untuk kamera belakang maupun [Front] untuk kamera depan.

Jika ada masalah bisa menghubungi kami melalui instagram @misterkom_