Cara Menulis Copywriting Mudah Dengan Konsep AIDA

Cara Menulis Copywriting – Setelah sebelumnya telah kita pelajari bersama mengenai penjelasan sampai ke beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat Copywriting. Sekarang, kita akan sama-sama mencoba belajar membuatnya dengan memanfaatkan konsep AIDA.

Cara Menulis Copywriting
Cara Membuat Copywriting Mudah Dengan Konsep AIDA!!

Jadi buat kamu yang belum baca artikel sebelumnya, silahkan dibaca dulu biar paham alurnya. (Baca : Copywriting, Teknik Menyihir Calon Pembeli).

Pengertian Konsep AIDA

Pengertian Konsep AIDA
Cara Membuat Copywriting Mudah Dengan Konsep AIDA!!

Sebelum melangkah ke cara menulis copywriting menggunakan konsep AIDA, mari sama-sama kita pahami dulu apa itu konsep AIDA. Jadi, AIDA itu merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Keempat bagian itulah yang membuat AIDA menjadi salah satu konsep marketing yang sangat banyak digunakan oleh berbagai pengusaha.

Percayalah, bahwa konsep AIDA ini menjadi sebuah konsep yang umurnya sudah sangat lama. AIDA telah hadir sejak abad 19. Dan, sampai hari ini masih sangat relevan untuk digunakan. Jadi sudah terbukti, AIDA ini sangat ampuh untuk menggaet calon pembeli.

Maka dari itu, AIDA ini hal yang wajib, wajib, wajib sekali dipelajari, bahkan dikuasai. Konsep AIDA ini bisa diterapkan dalam berbagai teknik pemasaran, termasuk cara menulis Copywriting.

Cara Membuat Copywriting Mudah Dengan Konsep AIDA!!
Cara Membuat Copywriting Mudah Dengan Konsep AIDA!!

Tapi, sebelum kita menerapkan konsep AIDA pada cara menulis Copywriting. Mari kita coba breakdown keempat bagian yang membentuk AIDA tersebut. Tujuannya, agar kita sama-sama lebih memahaminya.

Konsep AIDA

1. Attention

Bagian pertama, Attention. Memiliki maksud untuk meraih perhatian dari calon pembeli. Yap, dalam istilah PDKT, ini lebih dikenal dengan nama caper (cari perhatian). Ini menjadi langkah pertama yang harus berhasil.

Jika calon pembeli itu gak bisa perhatian sama produk yang kamu jual. Boro-boro bakal beli, tertarik aja ngga broo. Jadi pastiin untuk bisa dapatin perhatian (attention) dari calon pembeli.

Untuk meraih perhatian calon pembeli, kamu bisa memancingnya melalui hal-hal di bawah ini :

  • Headline/Judul
  • Kalimat Pembuka
  • Gambar/Video

Contohnya begini :

"Usahamu tak punya logo? berarti usahamu tak punya identitas!!"

"Ingin punya brand yang kuat di masyarakat? buatlah logo"

2. Interest

Langkah selanjutnya adalah buat si calon pembeli itu tertarik (interest) dengan produk yang dijual. Buat si calon pelanggan merasa, “sepertinya gua butuh deh sama barang ini”.

Nah, buat membuat tertarik ini. Bisa dipancing melalui hal-hal berikut :

  • Fakta mengenai produk tersebut
  • Statistik kepuasaan pengguna produk tersebut
  • Alasan harus membeli produk tersebut
  • Studi Kasus mengapa harus membeli produk tersebut

Contoh dari bagian Interest itu seperti ini :

"8 dari 10 client kami mengaku, usahanya lebih dikenali oleh masyarakat setelah menggunakan logo yang kami buat"

"Membuat logo, merupakan langkah utama untuk menjadi the next dari Google, Amazon dan berbagai usaha terkenal lainnya"

3. Desire

Desire ini artinya merupakan keinginan, jadi kamu harus bisa membuat si calon pembeli berkata “Fix, ini barang/jasa harus gw beli. Soalnya cocok banget sama kebutuhan gw saat ini”.

Pada langkah ini, kamu harus menjelaskan apa aja sih benefit atau manfaat yang akan didapatkan si calon pembeli jika membeli produk yang kamu jual.

Tipsnya, mainkan emosi si calon pembeli.

Contohnya seperti ini :

"Jika anda menggunakan jasa pembuatan logo kami, anda akan berkesempatan mendapatkan belasan ebook serta kursus mengenai digital marketing dan branding khusus untuk pemula yang harganya mencapai 5 juta. Tapi disini, anda akan mendapatkan semua itu hanya dengan menyewa jasa pembuatan logo kami. Gilaaak!! dimana lagi dan kapan lagi, beli 1 dapat segudang manfaat !!."

4. Action

Nah ini bagian pamungkas, artinya kamu harus bisa mengarahkan si calon pembeli untuk membeli produk itu. Bagian ini meliputi beberapa hal, seperti harga dan kalau mau beli harus kemana (Call To Action).

Contohnya begini :

"Nah, untuk mendapatkan semua itu kamu cukup menyewa jasa logo dari kami seharga 1 juta. Tapi, kamu bisa mendapatkan diskon 50% jika memesannya hari ini dengan klik link pesan dibawah ini".

Cara Menulis Copywriting dengan Konsep AIDA

teknik copywriting
Cara Membuat Copywriting dengan Konsep AIDA

Selanjutnya, untuk menulis Copywriting. Kamu cukup mengimplementasikan konsep tersebut menjadi sebuah artikel pendek. Tetapi, bentuklah artikel itu dalam bentuk cerita. Yap, cerita alias storytelling.

Storytelling banyak dikatakan oleh para pakar, merupakan sebuah fondasi sebagai cara menulis Copywriting yang berkualitas. Jadi, pastikan kamu menggunakannya.

Oke, langsung aja saya akan mencontohkan membuat copywriting untuk menjual jasa pembuatan logo dengan target market merupakan para perintis usaha yang masih baru.

Anda mau punya brand yang kuat di masyarakat? buatlah logo untuk usaha anda. Tetapi yang perlu untuk diketahui, membuat logo ini gak mudah loh. Logo itu dikatakan sebagai identitas sebuah usaha, karena logo mewakili visi dan misi sebuah usaha dalam bentuk visual. Sulit banget buat membuat logo yang cocok dan pas. Jadi sekarang udah gak zaman tuh bikin logo asal-asalan.

Maka dari itu kami hadir untuk menjawab hal tersebut. Kami merupakan penyedia jasa pembuatan logo yang profesional. Terbukti, 8 dari 10 client yang menggunakan jasa kami mengatakan, logo yang kami buat mampu menjadi brand yang kuat di masyarakat. Client kami gak cuman di Indonesia loh, tapi ada dari luar negeri juga. Jadi masalah keprofesionalan, kami gak usah ditanya.

Selain itu, kami pun memberikan bonus super spesial khusus untuk anda. Bonusnya itu berisi belasan ebook dan video kursus mengenai digital marketing dan branding, yang dibuat oleh tim kami yang sangat ahli di bidang tersebut. Cocok banget buat kamu yang lagi merintis usaha. Jika dihitung-hitung total bonus itu senilai 5 juta. Tapi disini kamu akan mendapatkan semua itu hanya dengan menggunakan jasa pembuatan logo kami. Gilaaak!! dimana lagi dan kapan lagi, beli 1 dapat segudang manfaat !!.

"Pasti harganya mahal banget ini mah"

Eits, ngga dong. Untuk mendapatkan semua itu, kamu cukup menyewa jasa pembuatan logo paket Profesional dari kami seharga 1 juta. Tapi, kamu bisa mendapatkan diskon 50% jika menjadi 100 pemesan pertama. So cepetan pesan, dengan klik link pesan dibawah ini sekarang juga.

Penutupan

Nah, begitulah Cara Menulis Copywriting Mudah Dengan Konsep AIDA Harapan saya, semoga dengan adanya artikel ini usaha kamu semua bisa meningkatkan konversi pembelian, cepat closing dan tentunya cepat sukses.

Writing Skill – Sebuah E-book untuk belajar copywriting yang rekomended dengan support layanan pribadi

Selengkapnya

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya di sosial media mu. Ada pertanyaan? silahkan komentar di bawah.

Terimakasih.