Codeigniter VS Laravel : Review Perbandingan

Kebanyakan dari pemograman memiliki framework yang bersifat open source, dimana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Diantara framework ini ada dua yang cukup populer, yakni Codeigniter dan Laravel.

Review Codeigniter vs Laravel ini menarik untuk diketahui. Keduanya sering dibandingkan dari segi keunggulan dan sistem pengembangan keamanannya.

Kelebihan Codeigniter VS Laravel, Keduanya Sama Populernya
codeigniter vs laravel

Codeigniter VS Laravel, Apa Saja Kelebihannya?

Bingung mau menggunakan framework yang mana? Untuk anda yang sedang belajar memakai framework, namun memiliki kendala untuk menentukan kedua jenis pemrograman ini, simak ulasan berikut agar lebih paham dan mengenal keduanya.

Laravel

Terlebih dahulu kita kenalan dengan Laravel yang cukup populer di Indonesia. Framework ini mulai diluncurkan tahun 2011 dan sampai saat ini pihak pengembang masih mengembangkan dengan website yang powerfull.

Apa Itu Laravel Framework ? Fitur Dan Keunggulannya Lengkap

Hal ini dengan tujuan untuk lebih mempermudah dalam pengembangan aplikasi. Ketika menggunakan Laravel ini, maka akan mendapatkan keuntungan seperti modularity.

Dimana fitur ini bisa membantu menyempurnakan aplikasi web. Routing memberikan pendekatan secara lebih fleksibel untuk bisa mendefinisikan routes. Testability membantu software testers pada pengecekan kasus.

Query Builder and ORM membantu mengquery sebuah database dengan menggunakan berbagai macam metode sederhana. Configuration Management Features untuk melakukan desain yang terkonfigurasi yang konstan.

Codeigniter

Framework ini berbasis PHP untuk array library serta package dengan lebih banyak. Dimana memiliki fungsi untuk memparalelkan proses tertentu saat melakukan pengembangan aplikasi web.

Belajar CodeIgniter : Fitur dan Kelebihannya [Lengkap]

Adapun kelebihan yang bisa dirasakan dengan menggunakan Codeigniter yaitu framework yang memiliki orientasi objek dengan menyediakan fitur autentikasi pada kelas. Pemrogramannya jika ada event tertentu dengan tampilan yang lebih sederhana. Sehingga bisa dengan mudah digunakan oleh pemula.

Bisa memiliki komunitas yang sangat luas dan mudah mencari bantuan dengan dokumentasi yang lebih jelas dan memiliki struktur. Selain itu, Codeigniter juga sangat stabil serta bisa melakukan cache website yang akan meningkatkan performa dan loading waktu yang sebentar.

Kedua framework ini memiliki kelebihannya sendiri, tergantung anda mau menggunakan yang mana. Codeigniter vs Laravel ini bisa sangat membantu anda yang sedang mengembangkan program aplikasi web.