Wajib Tahu, 3 Bagian Utama Dari Digital Marketing

Sebelumnya kamu sudah berkenalan dengan Digital Marketing beserta alasan kenapa sih harus belajar Digital Marketing.

3 Bagian Utama Dari Digital Marketing.
3 Bagian Utama Dari Digital Marketing.

Sekarang, kita akan lanjutkan dengan memahami 3 Bagian Utama Dari Digital Marketing atau pemasaran online

Tujuannya, setelah mempelajari ini kamu dapat dengan mudah membangun citra terhadap bisnismu. Tentunya, dengan memanfaatkan Pemasaran online.

Gak usah lama-lama, sekarang langsung saja masuk ke pokok pembahasan.

3 Bagian Utama Dari Digital Marketing

1. Content

3 Bagian Utama Dari Digital Marketing
3 Bagian Utama Dari Digital Marketing

Apa sih itu Content? Content merupakan informasi yang bisa diakses oleh para audience melalui instrumen digital.

Content atau konten sendiri bentuknya bermacam-macam. Ada artikel seperti yang sedang kamu baca, ada gambar infografis, ebook, video, podcast dan semacamnya.

Jadi bisa dibilang, internet ini ramai karena konten yang bertebaran dimana-mana. Seandainya internet tidak ada konten, mungkin kita enggan untuk menggenggam hp.

Kemudian, dalam Konten, terdapat beberapa tingkatan, seperti :

– Traffic

Pada mulanya, dengan kamu membuat konten lalu disebarluaskan, akan menjaring orang-orang yang mau membaca konten tersebut. Ini disebut Traffic.

Semakin banyak Traffic yang bisa dijaring, itu semakin baik. Tapi, itu baru permulaan. Masih banyak tingkatan yang harus dilewati.

– Leads

Dari sekian banyak Traffic yang ada, akan ada pengunjung yang memiliki ketertarikan lebih, ini disebut Leads. Leads sendiri memiliki ciri-ciri rutin menyukai konten posting yang kamu buat.

Terkadang, dia berkomentar. Jika kebiasaan berkomentar dia ini udah cukup intens, berarti dia sudah akan naik kelas ke tingkatan selanjutnya.

– Fans Loyal

Dari namanya, kamu sudah bisa mengetahui apa sih karakteristik dari dia. Yap, dia akan rutin menyukai, berkomentar dan membagikan konten posting yang kamu buat.

Fans Loyal ini merasa konten yang kamu buat sangat klop sekali dengan dia, kalau istilah anak sekarang itu satu frekuensi. Jika kamu sudah memiliki banyak Fans Loyal. Selamat! kamu sudah punya fansbase yang kuat.

Semakin banyak Fans Loyal, semakin besar peluang bisnis mu akan dikenal.

Ingat, baru sampai dikenal ya, belum mendapatkan income alias belum sampai ke larisnya produk yang dijajakan.

2. Bagian Utama Dari Digital Marketing : Audience

3 Bagian Utama Dari Digital Marketing
3 Bagian Utama Dari Digital Marketing

Audience merupakan calon Traffic, calon Leads dan calon Fans Loyal. Kamu harus membidik target Audience yang tepat, agar mendapatkan Fans Loyal banyak.

Jangan sampai, konten yang kamu buat itu tentang Desain. Tapi, Audience yang kamu bidik malah anak Jaringan. Ya, pasti yang tertarik bakal sedikit. Bahkan, bisa jadi gak ada yang tertarik sama sekali.

Tapi terkadang, udah nih nentuin target Audience nya tepat. Tapi dalam eksekusinya, gagal.

Maka dari itu, agar konten dapat menemukan Audience yang tepat. Ada beberapa teknik, seperti Iklan, Hashtags, Promosi, Endorse dan berbagai teknik lainnya. Nanti akan kamu pelajari bersama Misterkom dikemudian hari.

Nah, sama kaya Konten. Audience juga punya beberapa tingkatan nih, diantaranya :

– Fans Loyal

Nah, kalau ini kamu udah paham ya. Kan udah dijelasin di bagian konten. Singkatnya, citra bisnis kamu di mata dia udah sangat baik.

– Buyer

Dari namanya kamu udah tau ya siapa dia, mungkin ini yang dari tadi kamu cari, Buyer alias Pembeli.

Sebagian dari Fans Loyal mu akan bertransformasi menjadi buyer dengan membeli produk yang kamu jual, asalkan produknya itu sejalan dengan konten yang selama ini disajikan.

Jangan sampai, konten yang kamu sajikan seputar memasak. Tapi produk yang kamu jajakan itu lisensi Windows 10. Gak nyambung, yang ada Audience nya malah pada cabut.

– Advocate

Semakin tinggi pohon, semakin tinggi angin yang menerpa. Semakin besar bisnis mu, semakin banyak Audience mu, semakin banyak juga produk yang dijajakan.

Dari sekian banyak produk yang dijajakan, pasti saja ada komentar yang menjelek-jelekkan produk mu. Padahal, yang menjelek-jelekkan ini gak pernah membeli sama sekali produk mu.

Jadi tujuannya dia berkomentar, murni untuk menjatuhkan bisnis yang sedang kamu bangun.

Eits, tapi gak usah risau. Karena akan datang sekumpulan pelanggan yang akan membela mu dari komentar-komentar buruk, dia adalah para Advocate.

3. Bagian Utama Dari Digital Marketing : Channel

3 Bagian Utama Dari Digital Marketing

Nah, ini bagian yang gak bisa dipisahin, apa lagi ditinggal. Channel atau kanal ini merupakan wadah tempat Konten dan Audience bertemu, istilah umumnya itu lapak.

Kamu harus punya Channel, bukan berarti kamu harus bikin Channel Youtube. Tidak, tidak seperti bung.

Memang Youtube merupakan salah satu Channel, tapi ada yang lainnya, seperti Halaman Facebook, akun Instagram, Twitter, Blog dan sebagainya.

E-course Whatsapp – E Course Yang Akan Membantu Anda Kebanjiran Orderan Hanya Menggunakan Whatsapp

Selengkapnya

Penutupan

Baik, mungkin saya cukupkan sampai di sini aja artikel dengan judul Wajib Tahu, 3 Bagian Utama Dari Digital Marketing atau pemasaran online

Cara mengetahui Teknologi Yang Digunakan Startup Dunia [ Stackshare ]

Jangan lupa, bagikan postingan ini ke teman-teman mu. Dan, jika ada pertanyaan mari diskusikan di kolom komentar.

Terimakasih.