Ide Usaha Sampingan di Desa dengan Prospek yang Menjanjikan

Usaha sampingan di desa yang menjanjikan untuk dijalankan di masyarakat yang tinggal di desa atau di kampung sangatlah banyak. Tinggal bagaimana kita dapat mengolah peluang itu menjadi sebuah usaha potensial untuk dijalankan.

Bisnis Online Tanpa Modal [Berbagi Pengalaman]

usaha sampingan di desa

Beberapa Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

Pada dasarnya menjalankan usaha di desa sangat mudah tergantung bagaimana kita bisa melihat peluang yang ada di masyarakat.
Usaha itu antara lain:

1. Usaha Sampingan Berupa Toko Kelontong

Membuka toko kelontong adalah usaha yang banyak dan sering dijalankan oleh pelaku usaha di desa atau kampung. Hal ini karena banyaknya kebutuhan yang dicari oleh masyarakat seperti kebutuhan sehari-hari.

untuk mengakses kebutuhan sehari-hari masyarakat desa biasanya harus pergi ke pasar atau ke toko diluar desa dan itu cukup memakan banyak waktu dan kebanyakan orang enggan untuk pulang pergi ke toko hanya untuk membeli sesuatu yang harganya cuma Rp.5000

disini adalah peluang anda, anda bisa memfasilitasi mereka dengan membuka toko kelontong untuk usaha sampingan di desa, biasanya jika anda ambil grosiran pasti akan mendapatkan harga yang lebih murah.

jangan khawatir akan tidak laku jika anda menjualnya sedikit lebih mahal daripada toko yang ada diluar desa, sebab masyarakat sekarang lebih enggan membuang waktu daripada membuang uangnya.

Dengan adanya toko kelontong ini, orang-orang diberi kemudahan jika membutuhkan barang secara mendadak. Anda tidak harus membuka toko kelontong selama 24 jam. Namun anda bisa membukanya sampai sore atau menjelang tengah malam.

2. Ternak ayam kampung

Usaha ini tidak harus dijadikan sebagai bisnis, karena menjalankan ternak ayam kampung adalah salah satu hal yang selalu diterapkan oleh warga di pedesaan. Hal ini dilakukan guna dapat mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

Namun tidak menutup kemungkinan usaha ini bisa menjadi keuntungan jika dijalankan sebagai cadangan pendapatan sewaktu membutuhkan uang tambahan.

jika anda mempunyai lahan yang lebih dirumah anda, bolehlah ide usaha sampingan di desa ini diterapkan sebab tidak memakan waktu yang banyak juga.

selain ayam kampung, kini sudah mulai populer ternak ayam petelur. perlahan mulai banyak yang menekuni usaha bisnis ini.

3. Usaha Makanan Khas di Desa Setempat

Usaha Sampingan di Desa selanjutnya adalah membuat olahan makanan yang ada di desa tersebut dan menjualnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Sayuran dan berbagai macam buah biasanya banyak dijumpai di sekitar rumah atau kebun.

sebernarnya pasar anda tidak harus daerah setempat, di dunia digital ini pasar bisa anda jangkau dengan genggaman tangan. dalam mengolah makanan khas daerah anda bisa memodifikasinya sedemikian rupa hingga tampak menarik dan bisa diterima oleh kaum modern tanpa meninggalkan ciri khas dari makanan tersebut.

4. Menjual Pulsa

konter pulsa sering kita jumpai hanya ada di pinggiran jalan raya. ini adalah peluang anda jika ada menjualnya di desa.

Mengingat saat ini sudah sebagian besar masyarakat menggunakan ponsel ataupun media internet, tak terkecuali masyarakat di desa. Maka daripada itu, membuka toko pulsa adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan.

Kenapa Sih Harus Belajar Digital Marketing

Bahkan jenis usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya membutuhkan jaringan sinyal yang kuat. Sehingga usaha ini mudah dijalankan dan tentu saja menguntungkan.

5. Budidaya Lele

Peluang bisnis yang satu ini berpeluang cukup tinggi karena mengingat permintaan masyarakat akan konsumsi lele cukup banyak. Usaha ini dapat dilakukan oleh masyarakat dengan membuat kolam di halaman rumah atau bahkan bisa juga dengan menggunakan kolam terpal.

Penutup Bisnis Sampingan di Desa

Kenapa sih harus mengembangkan usaha sampingan di Desa ? Usaha sampingan di desa ini mudah dilakukan karena cukup menggunakan lahan sekitar rumah dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Artikel lain tentang bisnis

jika anda sudah mencobanya dan melihat prospeknya cukup bagus bisa anda seriusi dan memperbesar usaha tersebut. akan teteapi jangan gegabah, mulailah dengan modal yang seadanya terlebih dahulu, rintislah bisnis sampingan itu dari bawah, dengan begitu anda akan mendapatkan banya profit tidak hanya uang namun juga ilmu.