Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam, Anda Wajib Tahu

Tentu bukan rahasia lagi jika baterai adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan pada smartphone. Tanpa adanya baterai, maka smartphone tak bisa dinyalakan. Untuk memenuhi kebutuhan terhadap penggunaan smartphone, baterai itu sendiri tersedia dalam jenis removable (bisa dilepas) dan non removable (tidak bisa dilepas). Sama halnya baterai removable, smartphone dengan baterai non removable atau baterai tanam juga sudah banyak tersedia di pasaran. Jika anda tertarik untuk meminang smartphone dengan baterai non removable, ada baiknya anda ketahui dulu kelebihan dan kekurangan baterai tanam.

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam
Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam

Kelebihan dan kekurangan baterai tanam sangat beragam. Hal ini bisa anda jadikan pertimbangan sebelum membeli. Untuk mengetahuinya, langsung saja anda simak ulasan berikut.

Kelebihan Baterai Tanam

Salah satu kelebihan penggunaan baterai tanam yaitu membuat desain smartphone menjadi lebih ringan dan tipis. Dengan kesan tersebut, desain smartphone tentunya tampak premium. Disamping itu, desain smartphone ini juga memudahkan dalam menggunakannya.

Selain mempengaruhi desain smartphone, penggunaan baterai tanam juga memungkinkan kapasitas dayanya menjadi lebih besar dan tak mudah habis. Hal ini dikarenakan daya baterai tanam sebanding dengan dua kali lipas daya baterai removable. Dengan kelebihan ini, maka smartphone dengan baterai tanam bisa digunakan dalam waktu yang panjang.

Kelebihan baterai tanam selanjutnya yaitu anti debu dan tahan air. Perlu untuk anda ketahui, penggunaan baterai tanam membuat sebagian besar desain smartphone tampak tertutup rapat. Oleh karenanya, anda tak perlu khawatir akan adanya debu yang menempel. Lebih menguntungkan lagi karena hal tersebut juga memungkinkan smartphone lebih tahan air.

Semakin menarik untuk dipilih karena baterai tanam juga memudahkan pengguna dalam mengganti kartu SIM dan SD card. Sebagaimana yang kita tahu, saat ingin ganti SIM card dan SD card di smartphone dengan baterai removable, kita harus menonaktifkannya terlebih dahulu. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk baterai tanam. Pasalnya, port kartu SIM dan SD card ada di luar body smartphone. Dengan begitu, penggantian SIM card dan SD card akan terkesan praktis.

Kekurangan Baterai Tanam

Dibalik kelebihan baterai tanam, ada beberapa kekurangan yang tak kalah penting untuk anda perhatikan. Adapun salah satu kekurangannya yaitu tidak bisa reset saat smartphone hang. Untuk smartphone dengan baterai removable yang hang, biasanya bisa diatasi dengan melepas baterainya atau reset. Namun untuk baterai tanam, maka pengguna mau tak mau harus membawanya ke service center.

Cara Cek Kondisi Baterai Tanam dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Klik Disini

Kekurangan baterai tanam lainnya yaitu sulit untuk mengganti baterai. Bila baterai tanam sudah mulai boros atau tak berfungsi lagi, maka penggantiannya tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Anda harus mempercayakannya kepada ahli di service center dengan biaya yang tak sedikit.

Cara Mengecek Baterai Tanam yang Bocor

Klik Disini

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan baterai tanam diatas, kini saatnya anda memutuskan untuk memilihnya atau tidak. Hal yang pasti, anda sudah tahu keuntungan dan resikonya.

Artikel lain tentang baterai tanam