5 Mesin Pencarian Selain Google [Terbaik]

Mesin Pencarian Selain Google – Pada era digital ini, kemudahan demi kemudahan telah dirasakan. Kamu mau cari ojek, pesan makan siang, beli sayuran sampai belanja pakaian semuanya bisa dilakukan hanya melalui smartphone yang selalu ada di genggaman mu. Tak terkecuali, mencari informasi.

mesin pencarian selain google
mesin pencarian selain google

Google saat ini sudah menjadi situs atau aplikasi search engine yang selalu digunakan ketika kamu penasaran terhadap sesuatu. Misalkan kamu penasaran dengan perkembangan virus Corona atau Covid-19, jari-jari mu akan segera mengetik itu di Google Search atau langsung bertanya dengan sandi di awali Oke Google.

Yap, kebanyakan atau bahkan semua dari kita melakukan hal demikian, dikarenakan 90% pengguna internet itu menggunakan Google sebagai mesin pencarian utama. Tetapi, apakah kamu tahu bahwa Google terlibat kasus keamanan data? waow… mungkin kamu perlu berpikir untuk menggunakan mesin pencarian selain google.

5 Mesin Pencarian Selain Google Yang Wajib Kamu Coba
5 Mesin Pencarian Selain Google Yang Wajib Kamu Coba

Ternyata, Google merekam data pencarian mu dan kemudian data itu tersebar dengan cara yang entah bagaimana kepada para pengiklan. Mungkin kamu pernah ketika mencari sebuah barang di Google, kemudian membuka marketplace ternyata barang yang kamu cari tadi itu muncul di bagian barang yang disarankan untuk mu.

Mesin Pencarian Selain Google Yang Wajib Kamu Coba

5 Mesin Pencarian Selain Google Yang Wajib Kamu Coba
5 Mesin Pencarian Selain Google Yang Wajib Kamu Coba

Hal itu membuat banyak orang takut data pribadinya tersebar, kemudian memilih untuk menggunakan search engine selain google Apakah kamu termasuk diantara orang yang takut itu?

Jika ya, berikut ini

5 Mesin Pencarian Selain Google Terbaik

1. Yahoo!

Yahoo, mungkin sudah lebih banyak diketahui dan didengar dibandingkan dengan search engine yang lain. Sempat menjadi pesaing Google di awal 2000an, saat ini Yahoo! harus mengakui kekuatan Google. Meski begitu, Yahoo! memiliki fitur yang gak kalah komplit dibandingkan dengan Google.

Yahoo! menyediakan layanan Mail, Olahraga, Tanya Jawab, Berita, Teknologi dan Keuangan. Untuk lebih memaksimalkan hasil pencarian, Yahoo! bekerja sama dengan Microsoft dan Bing. Apakah kamu tertarik mencoba mesin pencarian Yahoo! segabai alternatif selain google ?

2. Bing

Selanjutnya ada Bing, search engine yang dimiliki Microsoft dan bekerja sama dengan Yahoo! ini memiliki tampilan yang menarik. Tampilan hasil pencariannya juga mirip-mirip sama Google loh, selain itu dia support pencarian dalam bentuk gambar juga.

Bing ini cocok deh buat kamu yang lagi nyari mesin pencarian pengganti Google, tetapi pengen yang tampilannya mirip dengan Google, karena susah move on nya.

3. Yandex

Yandex,search engine asal Rusia ini dibuat untuk membantu para pebisnis menjalankan bisnisnya dengan lebih baik. Uniknya, Yandex memiliki beberapa fitur lain yang mungkin kamu butuhkan seperti penerjemah, peta, email sampai AppMetrica yang mirip seperti Google Analytics.

Bagaimana, apakah kamu memiliki keinginan untuk mencoba mesin pencarian yang berasal dari Rusia ini?

4. DuckDuckGo

DuckDuckGo, merupakan mesin pencarian yang memiliki tagline “Privasi dan Disederhanakan”. Lalu pada halaman depannya pun DuckDuckGo mengatakan bahwa mereka tidak akan menyimpan data penggunanya, tidak akan membuntuti dengan iklan dan tidak akan pernah melacak penggunanya.

Sepertinya, mesin pencarian DuckDuckGo cukup cocok bagi kamu yang patah hati dengan Google terkait penyebaran data pribadi penggunanya kepada para pengiklan.

5. Baidu

Di China, Google itu dilarang untuk digunakan. Maka dari itu, muncul lah mesin pencarian bernama Baidu ini. Umum dikatakan, bahwa Baidu adalah “Google dari China”.

Percaya atau tidak, Algoritma yang dibuat Google yakni “PageRank” ternyata terinspirasi dari algoritma “RankDex” yang dibuat oleh Robin Li Yanhong selaku pendiri Baidu.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba mesin pencarian asal negeri tirai bambu ini?

Penutupan mesin pencarian selain google

Selain mesin pencarian, misterkom.com juga punya rekomendasi tentang 6 Aplikasi Browser Android Terbaik [Recomended]

Mungkin cukup segitu mengenai artikel 5 Mesin Pencarian Selain Google Terbaik. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk mengirimkan komentar. Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada sosial media mu agar teman mu pun mendapatkan informasi yang sama.

Mungkin Kalian Juga Berminat Membaca

Terimakasih.