5 Pekerjaan Yang Paling Dicari Pada Era Digital

Pekerjaan Yang Paling Dicari
Pekerjaan Yang Paling Dicari

5 Pekerjaan Yang Paling Dicari Pada Era Digital – Pekerjaan merupakan sebuah kata yang sangat akrab sekali di telinga kita. Pekerjaan dalam artian sederhana merupakan suatu kegiatan untuk menghasilkan suatu nilai, yang sebagai timbal balik nya akan mendapatkan upah baik berupa nominal ataupun sosial.

Beberapa orang ada yang bekerja guna mendapatkan upah berupa uang, agar dapat mandiri dalam menjalani kehidupan. Tapi tidak dipungkiri, bahwa ada juga yang bekerja semata-mata agar tidak mendapatkan cemooh dari lingkungan sekitar, tak peduli gaji dari pekerjaan itu cukup atau tidak untuk kebutuhan sehari-hari.

Era Digital, Pekerjaan Baru Bermunculan

Transformasi menuju era yang serba digital sedang kita alami. Akibatnya, banyak hal yang ikut terkena dampaknya. Termasuk dalam hal Pekerjaan.

Siapa sangka, saat ini aktif di sosial media menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan? pun, siapa yang mengira bahwa bermain permainan online yang terkenal dengan “boros”, saat ini menjadi sebuah pekerjaan, bahkan menjadi salah satu cabang olahraga?

Saat ini, banyak sekali pekerjaan-pekerjaan baru yang bermunculan di era modern ini. Tetapi, sesuai hukum alam. Banyak juga pekerjaan-pekerjaan yang harus hilang karena sudah tidak sesuai lagi dengan zaman. Akibatnya, kasus PHK terjadi diberbagai perusahaan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada November 2019 lalu, menunjukan bahwa pengangguran di Indonesia mencapai 7,05 juta jiwa.

5 Pekerjaan Yang Paling Dicari Pada Era Digital Versi Nadiem Makarim

Maka dari itu saya menulis tulisan ini, tujuan dari pembahasan ini tiada lain agar teman-teman yang masih kesulitan mencari pekerjaan bisa mempelajari dan mencoba melamar pada posisi ini.

1. Pekerjaan Yang Paling Dicari Yang Pertama Adalah Analyst

Pekerjaan yang paling dicari pada era digital yang pertama adalah pekerjaan sebagai Analyst, seorang Analyst harus memiliki kemampuan analisa yang sangat mumpuni. Karena seorang Analyst, diharuskan menganalisa dan mengelola beragam data untuk dijadikan acuan oleh perusahaan untuk mengambil sebuah keputusan.

Analyst sendiri, saat ini telah dipecah menjadi beberapa posisi pekerjaan. Ada Data Analyst, Business Analyst, System Analyst dll.

Meski sama-sama Analyst, posisi pekerjaan itu memiliki perbedaan dalam hal penerapan bekerjanya.

Misalkan seorang Business Analyst, seseorang yang bekerja di posisi ini harus menguasai ilmu bisnis disamping kemampuan analisa yang mumpuni. Tujuannya agar dapat menganalisa dan memahami bagaimana pola bisnis dari perusahaan yang kamu tempati, sehingga kemudian kamu dapat membantu perusahaan menemukan target pasar yang sesuai.

2. Researcher

Lalu, selanjutnya pekerjaan yang paling dicari pada era digital ada Researcher. Dari namanya bisa kita pahami, bahwa seorang Researcher itu Pekerjaan meriset sesuatu. Itu betul sekali.

Tapi, meski begitu bukan berarti pekerjaan seorang Researcher ini enteng. Justru malah sebaliknya, pekerjaan ini sangat berat. Karena, seorang Researcher harus dapat meriset, berinovasi dan kreatif untuk menemukan ide bisnis/produk termutakhir untuk kemudian diadopsi menjadi bisnis/produk baru bagi perusahaan.

Mengingat pentingnya posisi ini, banyak perusahaan besar yang menganggarkan dana segar yang sangat banyak sekali untuk kegiatan riset ini.

3. UX Design

UX Design, merupakan singkatan dari User Experience Design. Seseorang yang bekerja sebagai UX Design harus berusaha membuat tampilan aplikasi/produk yang ketika dirilis itu mudah digunakan oleh para pengguna.

Dalam arti lain, para pengguna mendapatkan pengalaman yang baik selama menggunakan aplikasi/produk tersebut. Dan tentunya, tampilan aplikasi/produk yang dibuat itu harus sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan oleh perusahaan.

4. Software Engineer

Sesuai namanya, seorang Software Engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat sistem pada sebuah aplikasi dapat berjalan dengan baik ketika digunakan oleh orang banyak.

Seorang Software Engineer harus dapat menerapkan sistem bisnis pada sebuah aplikasi sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan. Disamping itu, Software Engineer juga harus membuat aplikasi tersebut mudah diakses, tidak lemot, tidak memakan ram banyak dll yang berhubungan dengan keefisienan sebuah aplikasi.

Untuk menjadi seorang Software Engineer, sangat dibutuhkan kemampuan logika dan problem solving yang kuat, serta menguasai bahasa pemrograman sesuai dengan aplikasi yang ingin dibuat.

Baca Juga

5. Pekerjaan Yang Paling Dicari Terakhir adalah Product Manager

Posisi ini merupakan posisi yang paling dibutuhkan tanggung jawab yang besar, Product Manager merupakan pemimpin sebuah tim untuk membuat atau mengembangkan sebuah produk/aplikasi.

Sukses atau gagalnya sebuah produk yang dihasilkan oleh tim tersebut, akan disandingkan dengan dirinya. Maka dari itu, seorang Product Manager harus memiliki kemampuan mengelola, memanajemen tim yang baik, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan para anggota timnya.

Penutupan

Nah, dari 5 Pekerjaan Yang Paling Dicari Pada Era Digital. Mana nih yang paling bikin kamu tertarik untuk mencobanya? Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lah sungkan untuk membagikannya kepada teman-teman mu. Sebaliknya, jika kamu merasa masih ada yang ingin ditanyakan silahkan bisa berkomentar dibawah.