Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Di masa sekarang ini laptop mempunyai kapasitas dan juga kemampuan luar biasa. Namun seperti yang diketahui, kemampuan tersebut dibayar dengan angka overheat yang tinggi saat dipakai setiap hari. Panas menjadi musuh terbesar untuk laptop. Overheat atau panas berlebihan dari laptop bisa mengganggu performa laptop. Saat performa laptop terganggu, pasti kinerja penggunanya juga akan terganggu. Lantas sebenarnya apa yang menjadi penyebab laptop cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya?

penyebab laptop cepat panas
penyebab laptop cepat panas

Beberapa Penyebab Laptop Cepat Panas

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kondisi laptop lebih cepat panas. Seperti penempatan laptop yang salah. Ternyata menempatkan laptop di atas tempat tidur atau permukaan kasur yang empuk dan tidak rata membuat ventilasi laptop tertutup.

Mungkin orang-orang menganggap enteng hal seperti ini. Padahal kebiasaan ini sering menjadi penyebab laptop cepat panas. Berhubungan dengan ventilasi laptop, terkadang orang orang sering lupa untuk membersihkannya.

Sehingga kadang akan terjadi kegagalan fungsi kipas pada laptop yang mereka miliki. Karena ventilasi yang jarang dibersihkan, bisa mengumpulkan banyak residu debu. Hal ini membuat udara laptop keluar akan terhalang dan laptop cepat panas.

Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah PC anda yang cepat panas. Seperti menggunakan cooling pad. Ini menjadi cara yang umum dilakukan oleh orang-orang agar bisa terhindar dari masalah laptop panas.

Selain itu, anda juga bisa membersihkan bagian ventilasi, jeroan pc dan juga kipas. Cara ini agak jarang dilakukan oleh orang-orang kebanyakan. Sebab cara ini perlu usaha dan kadang memerlukan peralatan ekstra. Walaupun begitu, membersihkan laptop menjadi cara yang efektif agar kita terhindar dan mengurangi overheat.

Karena laptop yang panas bisa disebabkan oleh piranti lunak atau software yang tidak kompatibel. Maka untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan memperbaiki software yang ada di dalam laptop anda. Untuk masalah ini, bila anda tidak mengetahui anda bisa membawa ke ahlinya.

Bila anda belum cukup ilmu mengenai dunia perkomputeran, pastinya anda tidak bisa membongkar laptop anda sendiri. Sebab dikhawatirkan hal ini malah bisa merusak laptop anda. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah membawa laptop anda ke service laptop.

Apa saja penyebab laptop cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya, maka saat anda mengalami hal tersebut anda tak perlu panik dan khawatir. Anda bisa mengecek dan mengatasinya sendiri, baru bila benar-benar tidak bisa, anda bisa membawanya ke tempat service laptop terbaik.